THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Rabu, 06 Mei 2009

Info: FLU SINGAPURA

Penyakit yang disebut Flu Singapura itu bukan tergolong flu, tapi masuk pada famili herpes. Kalau flu itu ditandai dengan adanya panas tinggi dan batuk pilek, sedangkan yang disebut Flu Singapura itu kan tidak demikian.
Pada penyakit yang disebut Flu Singapura itu hanya ditandai dengan kondisi suhu tubuh yang hangat dan yang diserang adalah mulut, tangan dan kaki. Namun, mengingatkan bahwa penyakit itu beda dengan yang menyerang hewan ternak.
"Biasanya penyakit yang disebut Flu Singapura itu ditandai dengan adanya gelembung di tangan dan telapak kaki yang di dalamnya ada cairan. Penyakit itu menular biasanya melalui air ludah yang meleleh, karena si pasien biasanya tenggorokannya sakit untuk menelan, walaupun hanya ludah," katanya.
Menurut anggota ASAP Indonesia itu, air ludah yang meleleh, khususnya pada anak-anak itu biasanya kemudian dihapus dengan tangan atau terkena baju. Dari media itulah kemudian virus tersebut menular kepada orang lain.
Karena itu, katanya, untuk pencegahan penyakit tersebut, seseorang harus selalu menjaga kebersihan tangan dan mandi. Selain itu, anak-anak yang sudah terserang penyakit tersebut, sebaiknya tidak usah masuk sekolah dan dirawat di rumah sakit.
Meskipun demikian, masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir berlebihan terhadap penyakit itu, karena sampai sekarang penyakit yang memang bisa menimbulkan kematian itu belum ditemukan di Indonesia.
Sesuai informasi yang diterima, penyakit tersebut menyebabkan kematian di Singapura, Hongkong dan China. Hal itu terjadi, karena penyakit tersebut bisa menyerang otak kalau sudah masuk ke dalam darah dan tidak segera ditangani.


Tanda-tanda terjangkit flu singapura:
Mula-mula demam tidak tinggi 2-3 hari, diikuti sakit leher (pharingitis), tidak ada nafsu makan, pilek, gejala seperti flupada umumnya yang tak mematikan. Timbul vesikel yang kemudian pecah, ada 3-10 ulcus dumulut seperti sariawan ( lidah, gusi, pipi sebelah dalam ) terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan.Bersamaan dengan itu timbul rash/ruam atau vesikel (lepuh kemerahan/blister yang kecil dan rata), papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki.Kadang-kadang rash/ruam (makulopapel) ada dibokong. Penyakit ini membaik sendiri dalam 7-10 hari.Bila ada muntah, diare atau dehidrasi dan lemah atau komplikasi lain maka penderita tersebut harus dirawat. Pada bayi/anak-anak muda yang timbul gejala berat , harus dirujuk kerumah sakit sebagai berikut :o Hiperpireksia ( suhu lebih dari 39 der. C).o Demam tidak turun-turun (Prolonged Fever)o Tachicardia.o Tachypneuo Malas makan, muntah atau diare dengan dehidrasi.o Lethargio Nyeri pada leher,lengan dan kaki.o Serta kejang-kejang.
Ciri-ciri flu singapura,hampir persis dengan ciri-ciri flu biasa,cara penularannya pun sangat cepat dan mudah,namun jangan disepelekan,untuk tingkat tinggi, flu singapura bisa menyebabkan kematian

PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT:
Penyakit ini sering terjadi pada masyarakat dengan sanitasi yang kurang baik. Pencegahan penyakit adalah dengan menghilangkan Overcrowding, kebersihan (Higiene dan Sanitasi). Lingkungan dan perorangan misal cuci tangan, desinfeksi peralatan makanan, mainan, handuk yang memungkinkan terkontaminasi.Bila perlu anak tidak bersekolah selama satu minggu setelah timbul rash sampai panas hilang. Pasien sebenarnya tak perlu diasingkan karena ekskresi virus tetap berlangsung beberapa minggu setelah gejala hilang, yang penting menjaga kebersihan perorangan.Di Rumah sakit Universal Precaution harus dilaksanakan.Penyakit ini belum dapat dicegah dengan vaksin (Imunisasi)

0 komentar: